Senin, 21 Mei 2012

Sistem Operasi

 

Sistem Operasi (Operating System)

Hari ini saya akan share tentang apa itu Sistem Operasi. Sistem Operasi ini saya sederhanakan saja bahasanya agar lebih dimengerti orang awam. 
Sistem Operasi itu sebuah  alat perantara antara Pemakai (USER) dengan Komputer. Sistem Operasi ini tersusun atas berjuta2 program yang ditulis dan bekerja secara berkesinambungan. 
Sistem Operasi sendiri sebenarnya sebuah perangkat lunak yang bekerja sesuai dengan perintah pemakai (user), tapi dalam hal ini mencakup lingkup pengantar. 

Saya bisa menganalogikan seperti Sepak Bola. Kita ibaratkan Pelatih sebagai User yang akan mengatur permainan. Lapangan sebagai Sistem Operasi nya. Dan Pemain adalah Software2 didalamnya.

Pelatih akan menjalankan Pemainnya bila ada Lapangan yang memadai. Terserah mau menggunakan Lapangan yang free/gratis atau berbayar.... Bila tak ada lapangan misal semua di bumi ini terdiri dari api, bisakah kita bermain sepak bola...????

Kesimpulan pendek yang bisa saya tarik dari penjelasan diatas, Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak yang mana bertujuan untuk menjalankan perangkat2 lunak pendukung agar berjalan sesuai keinginan User...

Untuk lebih spesifiknya Wikipedia sudah menjelaskannya dan bisa anda akses situsnya di:

nb: untuk kelanjutan catatan tentang Sistem Operasi, akan saya buatkan postingan terbaru nantinya. 

1 komentar: